Thứ Hai, 22 tháng 9, 2014

Sebagian besar dari kita adalah pengguna sering PDF. Apakah kita menggunakannya untuk bekerja atau untuk hal-hal pribadi, itu adalah format yang banyak digunakan dan dapat diandalkan, terpercaya, dan dapat diakses juga diadopsi secara global sehingga lebih mudah bagi orang untuk berbagi dokumen. Ia juga bekerja mulus di atas multi-platform, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan PDF pada Windows, Mac OS, Android atau iOS.

Tapi bagaimana jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pencetakan dan membaca sederhana PDF? Bagaimana jika Anda perlu untuk mengubahnya ke dalam format file yang berbeda atau mungkin bahkan kompres untuk membuat berbagi mudah? Dalam posting ini, kita akan membahas lebih dari 10 hal yang mungkin Anda bisa lakukan dengan PDF.

1. Cara Membuat PDF Tanpa Adobe Acrobat

Banyak orang mungkin merasa agak sulit untuk men-download perangkat lunak Adobe Acrobat dan kemudian untuk membuat dokumen PDF. Tapi ada cara sederhana dan mudah lainnya untuk membuat file PDF tanpa menginstal dan menggunakan Adobe Acrobat.
Berikut adalah cara yang berbeda Anda dapat membuat file PDF tanpa software:

Google Chrome: Tekan Ctrl + P (Windows OS) atau Cmd + P (Mac OS) untuk membuka jendela pengaturan cetak. Klik 'Ubah' untuk memilih printer dan pilih 'Save as PDF' untuk mengkonversi halaman web ke dalam dokumen PDF.

Broswers selain Chrome: Anda dapat melakukan ini dengan menginstal CleanPrint, yang merupakan add-on untuk browser seperti Firefox, Internet Explorer, Safari dan ya, bahkan Google Chrome. Ada pilihan yang berbeda Anda dapat memilih dari dan mereka termasuk cetak, PDF, Text, Email, DropBox, Google Drive dan Google Cloud Print.

Layanan Web Online: Anda juga dapat mengkonversi halaman web ke file PDF menggunakan layanan web online bernamahtmlpdf. Anda juga dapat membuat file PDF menggunakan software FreePDFCreator.

Konversi File: Anda juga dapat membuat file PDF dengan terlebih dahulu membuat file menggunakan format file yang paling umum seperti MS Word, PPT, dll dan kemudian coverting file yang ke dalam dokumen PDF dengan menggunakan pdf24.

2. Cara Merge Dua Atau Lebih File PDF

Jika Anda memiliki beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan ke dalam satu file, maka Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan layanan web online seperti foxyutils dan PDFMerge.
Jika Anda tidak banyak ke layanan web online maka Anda dapat menggunakan PDF Combine yaitu perangkat lunak untuk menggabungkan file PDF dengan mudah.

3. Cara Edit File PDF

File PDF read-only, kadang-kadang Anda mungkin menemukan kebutuhan untuk mengubah atau menambahkan sesuatu yang baru untuk dokumen PDF yang ada. Dalam kasus ini, alat-alat seperti PDFzen dan TOUCHPDF cukup berguna. Jika Anda lebih suka menggunakan secara offline, ada Nitropdf dan Foxit, yang software desktop untuk mengedit file PDF.

4. Cara Terjemahkan Dokumen PDF

Jika seseorang mengirim dokumen ditulis dalam Bahasa Perancis, jangan khawatir karena Anda dapat menerjemahkan dengan mudah melalui Google Translate. Jika Anda tidak menebak dengan nama, Google Translate digunakan untuk menerjemahkan teks atau dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain.
Setelah Anda punya halaman yang terbuka, meng-upload file PDF menggunakan tombol browse. Kemudian, pilih bahasa yang Anda ingin menerjemahkan dokumen Anda ke dan klik tombol biru menerjemahkan di sisi kanan halaman. Sama seperti itu, Anda sekarang memiliki dokumen diterjemahkan.

5. Cara Mengkonversi Documents ke PDF

Mungkin Anda memiliki banyak dokumen, tepatnya 40 atau 50 dokumen, dan Anda ingin mengkonversi dokumen tersebut ke dalam file PDF. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan 2 metode baik melakukannya satu per satu (yang bisa sangat memakan waktu) atau dalam tandan. Untuk mengkonversi sekelompok dokumen ke dalam file PDF, Anda dapat menerapkan penggunaan layanan seperti Peernet dan ExtendOffice.

6. Cara Cetak & Copy Document Restricted PDF

Katakanlah, Anda tersandung pada sebuah dokumen PDF melalui Internet yang sangat berguna untuk Anda dan sekarang Anda ingin menyalin beberapa teks atau mungkin mencetaknya. Namun, Anda tidak bisa karena pembatasan diterapkan pada dokumen PDF.
Anda dapat dengan mudah menghapus password dari file PDF yang dibatasi atau dokumen dengan menggunakan fitur yang sangat berguna dari thepdf untuk menghapus password PDF. Anda juga dapat menggunakan layanan lain web online yang disebut PDFCrack untuk memecahkan sandi pada dokumen PDF dilindungi atau file.

7. Cara Mengkonversi File PDF ke Format Lain

Pada titik tertentu, Anda mungkin perlu mengkonversi file PDF ke format lain seperti menjadi MS Word, file HTML atau bahkan PowerPoint. Berikut adalah cara Anda dapat melakukannya:
  • MS Word:  PDF to Word Converter untuk Word Converter dapat digunakan untuk konversi. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengedit apapun yang Anda ingin membuat.
  • File HTML: Jika Anda ingin mengkonversi file PDF ke file HTML untuk penerbitan mudah di blog atau website maka convertpdftohtml dan PDFHTML adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya.
  • PowerPoint: Anda dapat mengkonversi file PDF ke File PowerPoint dengan mudah menggunakan PDFConverter. Ini adalah proses 3 langkah. Pertama, meng-upload dokumen Anda, kemudian berikan alamat email di mana file PDF dikonversi akan dikirim ke dan akhirnya menekan tombol start. 

 

8. Cara Extract Text Dari File PDF hasil scan

Hal ini sangat mudah untuk mengekstrak teks dari file PDF dengan menggunakan alat seleksi teks tapi itu tidak selalu terjadi ketika terdiri dari halaman yang dipindai atau gambar dengan teks. Untuk mengekstrak teks dari file PDF dipindai, Google Docs dapat digunakan. Yang perlu Anda lakukan adalah meng-upload file PDF ke akun Google Docs Anda dan akan mengubah halaman yang dipindai ke dalam format yang dapat Anda pilih dan menyalin teks dari mudah.
Jika Anda lebih suka tidak menggunakan Google Docs, Anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti onlineocr dan FreeOcr untuk tujuan yang sama.

9. Cara Ekstrak Halaman yang Dipilih dari File PDF

Jika Anda memiliki file PDF dengan ratusan halaman dan Anda ingin mengambil hanya beberapa halaman dari file besar maka PDFaid adalah online tool yang mudah digunakan untuk tujuan ini. Pilih file PDF yang ingin Anda ekstrak dari, membacanya dan akhirnya menyoroti berbagai untuk halaman yang ingin Anda ekstrak.

10. Cara untuk Double Compress File PDF

Anda mungkin memiliki file PDF besar yang ingin Anda kirim melalui email tapi karena pembatasan ukuran lampiran maksimum yang Anda tidak bisa. Anda dapat mencoba mengompresi file PDF sebanyak mungkin sementara tetap mempertahankan kualitas konten asli.
Anda dapat menggunakan dokumen mengompresi software seperti 7-Zipp untuk melakukan hal ini. Meskipun, jika Anda ingin untuk kompres dua kali, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan PDFaid dan kemudian lagi kompres dengan menggunakan 7-Zip untuk meminimalkan ukurannya lebih jauh.

Sumber hongkiat.com

0 nhận xét:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến