Thứ Sáu, 18 tháng 7, 2014

Saat ini, kami akan menunjukkan bagaimana dual-boot instalasi Windows XP yang ada dengan edisi terbaru dari Linux Mint, distribusi Linux yang sangat populer, sementara tetap mempertahankan semua data pengguna penting yang Anda miliki. Tentu, ini adalah sedikit dari topik yang canggih, sehingga Anda mungkin perlu menginvestasikan waktu membaca sedikit, tapi secara keseluruhan, latihan harus sepadan dengan usaha. Pada akhirnya, Anda akan memiliki setup dual-boot yang berfungsi penuh untuk semua kebutuhan Anda, dengan XP di satu ujung dan modern, Linux Mint stylish 17 Qiana di sisi lain. Mari kita bergoyang.

Checklist Awal

Menginstal sistem operasi baru pada perangkat keras yang sudah host sistem lain serta data penting Anda bukanlah hal yang sepele, dan tidak boleh diperlakukan seperti itu. Benar, Anda bisa klik di sekitar dan berdoa untuk yang terbaik. Tapi kami ingin melakukan hal ini dengan keanggunan dan kepercayaan diri. Untuk wit, Anda harus menginvestasikan waktu memastikan Anda memiliki semua alat untuk membuat transisi dual-boot tanpa rasa sakit dan bodoh-bukti.

Data backup & imaging

Jika data Anda aman, maka segala sesuatu yang lain menjadi sekunder. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki copy files Anda di suatu tempat, sebaiknya pada hard disk yang terpisah, atau bahkan mesin yang terpisah. Selain itu, Anda mungkin ingin image instalasi Windows XP, jadi jika ada masalah, Anda dapat dengan mudah kembali. Saya sangat menyarankan Anda tidak melakukan apa-apa kecuali Anda memiliki salinan diverifikasi barang pribadi Anda didukung di lokasi lain.

Pemahaman basic concept dan tools Linux

Saya akan melakukan sejumlah kecil menghubungkan tambahan di sini, jadi saya mohon maaf sebelumnya. Tapi membaca artikel ini akan membantu Anda menguasai materi pelajaran, dan membantu Anda memahami tutorial ini. Sebagai permulaan, Anda mungkin ingin memeriksa lebih tua panduan dual-boot saya, termasuk XP & Ubuntu Ubuntu tutorial, Windows 7 & Ubuntu tutorial dan article Windows 8 & Ubuntu Terbaru . Kemudian, untuk memahami notasi disk dan partisi, silakan lihat di panduan GParted. Terakhir, bagian bootloader.

Windows XP overview

Sekarang kita tahu apa yang kita inginkan dan butuhkan, mari kita lihat instalasi Windows XP kita. Jadi kita memiliki sebuah sistem dengan dua hard disk. C: drive terletak di 10GB disk pertama, dan itu meliputi seluruh ukuran disk, yaitu kita memiliki satu partisi. E: drive berisi data, dan terletak pada disk kedua 20GB. Sekali lagi, itu meliputi seluruh disk, yaitu kami juga memiliki satu partisi di sana. Sistem kami tidak benar-benar dirancang untuk setiap dual-boot.
Disk status
Data
Disk management
ni berarti kita harus menyesuaikan tata letak untuk dapat menginstal dan menggunakan Linux Mint. Oleh karena itu, apa yang kita akan lakukan adalah sebagai berikut: Kami akan boot ke sesi hidup Mint. Hal ini dapat dilakukan dari citra ISO, DVD drive atau USB drive. Langkah-langkah yang tepat akan tergantung pada setup Anda. Sekarang, jika Anda tidak benar-benar yakin di mana untuk mendapatkan citra Linux Mint, cara men-download atau copy / burn ke media eksternal, dan bagaimana membuat sistem boot Anda sistem operasi lain, maka Anda harus berhenti sekarang, kembali ke atas , melakukan pembacaan yang diperlukan Anda, dan dilanjutkan bila Anda siap dan berpengetahuan.
Baiklah, tetapi dengan asumsi bahwa Anda, maka kita perlu menyesuaikan disk dan partisi tata letak. Kami tidak akan main-main dengan drive C:. Kami akan mengubah E: drive. Dengan kata lain, kita akan mengecilkan satu partisi yang sesuai dengan E: drive di Windows, dan dalam ruang dibebaskan, kami akan membuat beberapa partisi baru yang akan digunakan sebagai target untuk Linux Mint 17 instalasi Qiana. Kami akan melakukan semua ini dari sesi Mint hidup, dengan menggunakan alat yang sudah tersedia dalam distribusi. Sekarang, mari kita boot ke Linux.

Linux Mint overview

Ada dua sisi mata uang eksplorasi Linux. Salah satunya adalah semakin akrab dengan antarmuka pengguna yang sama sekali baru, frasa baru, terminologi baru, dan mode kerja baru. Namun, hal ini berlaku untuk hampir semua sistem operasi, dan oleh karena itu, kita tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal ini. Sebaliknya, kita akan fokus pada bagian yang lebih penting dari membuat disk dan partisi perubahan yang tepat dan menginstal Linux Mint. Setelah itu, bersenang-senang menemukan keindahan dan fleksibilitas dari sistem operasi baru akan bekerja di rumah Anda.

Live session

Partisi

Kita akan mulai dengan mengubah layout disk. Untuk itu, meluncurkan editor partisi GParted. Perangkat lunak ini tersedia dalam menu sistem, dan Anda dapat mencarinya dengan nama. Setelah diluncurkan, program ini akan menampilkan layout yang ada untuk semua disk yang tersedia. Dalam kasus kami, kami memiliki dua disk. Yang pertama adalah apa yang kita sebut sebagai C: drive pada Windows, dan diberi label sda sini. Yang kedua berhubungan dengan E: drive, dan diberi label sdb. Kami akan mengedit yang terakhir.
First disk
Second disk

Resize Partisi

Mari kita mulai dengan mengubah ukuran tersebut. Klik kanan pada partisi / dev / sdb1, pilih Resize / Move. Kemudian, menyesuaikan ukuran untuk nilai yang lebih kecil. Kami akan turun dari 20GB hanya 4GB, tapi ukuran pergi. Apakah dicatat bahwa Linux Mint membutuhkan setidaknya 8GB untuk menginstal berhasil.
Resize
Namun, ada beberapa pertimbangan tambahan di sini. Sebuah instalasi Linux yang tepat mencakup minimal tiga partisi. Partisi root (/) berisi file sistem. Partisi swap digunakan untuk swapping memori, a-la maya file halaman memori pada Windows. Anda mungkin ingin membuat ukuran RAM fisik Anda. Ini berarti sesuatu seperti 2-3GB untuk sebagian besar sistem yang menjalankan Windows XP 32-bit, karena itu digunakan untuk menjadi keterbatasan fisik. Tapi jika Anda memiliki lebih, itu bagus juga.

Terakhir, ada data pengguna, dikenal sebagai rumah (/ home) partisi. Yang satu ini tidak harus ada, dan Anda hanya bisa pergi dengan partisi root. Tapi sangat nyaman untuk memilikinya, untuk alasan yang sama Anda ingin mereka drive tambahan untuk data di Windows. Dalam kasus Anda perlu menginstal ulang atau mengubah sesuatu, Anda tidak perlu kehilangan pengaturan pengguna Anda. Dan itu jauh lebih mudah untuk kembali barang-barang dan memulihkan nanti.

Oleh karena itu, turun ke 4GB terdengar bijaksana. Ini berarti kita dapat membuat akar 10GB, swap 2GB, dan sisanya akan digunakan untuk partisi rumah. Selain itu, partisi NTFS sesuai dengan E: drive juga akan tersedia di Linux Mint, karena kebanyakan distribusi native dapat me-mount, membaca dan menulis partisi Windows. Jadi Anda tidak benar-benar kehilangan apapun, dan ada banyak tempat untuk tumbuh dan menyimpan data, jika diperlukan.
Change size
Finished resizing
Perubahan tidak akan dilakukan sampai Anda menekan Apply, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak suka setup Anda. Anda selalu dapat memulai dari awal. Pada saat ini, kami memiliki operasi mengubah ukuran tunggal tertunda. Sekarang kita akan menambahkan tugas lebih sedikit ke dalam daftar. Kita perlu membuat partisi tambahan.

Buat Partisi Baru

Ingat sebelumnya saran tiga partisi? Kita dapat melakukannya segera. Masalahnya adalah, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat partisi Extended pertama, sehingga Anda tidak memukul batas empat partisi utama untuk tabel partisi tipe MS-DOS. Tidak ada batas seperti ada dengan GPT, tetapi Windows XP tidak mendukung jenis, dan prosedur konversi merusak.

Oleh karena itu, tabel partisi MS-DOS adalah satu-satunya pilihan kami, jadi kami akan membuat partisi Extended untuk menjangkau seluruh ruang bebas, 16GB baru kami direklamasi tepat di atas, dan di ruang itu, kita akan membuat partisi root, swap dan rumah.

Ketika membuat partisi, Anda akan perlu memperhatikan beberapa rincian kecil tapi penting. Ukuran, tentu saja. Jenis partisi - partisi Extended sebenarnya partisi utama dari jenis khusus, dan hanya dapat berisi partisi logical di dalamnya, karena itu tiga partisi Linux kita semua akan logis. Ini bukan masalah karena distribusi Linux tidak memiliki masalah apapun yang diinstal atau boot dari partisi primer atau logical. Di samping catatan, Windows XP harus diinstal ke partisi primer.

Item terakhir yang penting adalah jenis filesystem. Saya sarankan Anda menggunakan format Linux, salah satu sistem berkas jurnal. Pilihan terbaik adalah dengan menggunakan EXT4, meskipun Anda dapat mencoba lain. Manfaat spesifik dari masing-masing berada di luar cakupan tutorial ini.
Create extended partition
Create root
Create swap
Create home
Sekarang, Anda akan memiliki lima operasi tertunda. Membuat ganda yakin Anda yakin dengan apa yang ingin Anda capai. Setelah Anda siap, klik kanan paling-tombol pada toolbar. Anda akan diperingatkan, dan kemudian perubahan akan diterapkan.
Ready to partition
Warning
Success
Dan inilah layout partisi baru. Baik. Sekarang kita dapat menginstal.
Partition table ready

Installasi Linux Mint

Mulai wizard instalasi. Sekarang, jika Anda sudah melakukan instalasi Linux sebelumnya, langkah ini akan terbiasa dan cukup mudah. Instalasi hampir identik dengan Ubuntu. Namun demikian, kita akan berjalan melalui semua langkah, untuk memastikan tidak ada yang hilang.

Pilih bahasa Wizard

Ini adalah langkah pertama dan sangat sederhana.
Begin install

Prasyarat Instalasi

Langkah berikutnya adalah untuk memastikan Anda memenuhi prasyarat yang diperlukan untuk instalasi sukses. Yaitu, ia datang ke memiliki koneksi jaringan dan 8GB ruang bebas.
Requirements

Jenis Instalasi

Ini adalah bagian yang benar-benar menarik. Di sini, Anda akan memilih jenis instalasi. Seperti yang dapat Anda baca dari jendela wizard, Linux Mint Qiana tidak melihat bahwa Windows XP Professional sudah terinstal, dan bahkan menyarankan mengganti sistem yang lama untuk Anda. Bagus, tapi kami akan melakukannya secara manual. Namun, jika Anda tidak ingin melestarikan apa-apa dari instalasi XP, Anda dapat memilih opsi ini. Kami akan memiliki artikel tindak lanjut yang berfokus pada skenario ini.
Prepare partitions
Kita tidak akan mengenkripsi data atau menggunakan LVM. Ini adalah topik-topik lanjutan. Kami akan pergi untuk pilihan manual dari partisi, yang telah kita buat sebelumnya. Oleh karena itu, silahkan klik Sesuatu yang lain, kemudian Lanjutkan. Jendela berikutnya akan menampilkan daftar semua disk dan partisi. Kami tertarik pada sdb.
Available partitions
Silakan pilih sdb5 dan kemudian klik Ubah. Jika Anda ingat, sdb5 adalah partisi logical pertama dalam partisi Extended, yang keduanya telah kita buat sebelumnya dengan GParted. Partisi adalah 10GB dalam ukuran. Sekarang, kami akan menetapkan sebuah titik mount dan filesystem.
Mark root
Mount point adalah pegangan oleh partisi tersebut akan terlihat dalam sistem yang terinstal. Ini akan menjadi partisi sistem kami, yang dikenal sebagai root. Oleh karena itu, silahkan pilih / di titik jendela Mount. Kita tidak perlu membuat perubahan ukuran atau bahkan memformat partisi, karena kita telah melakukan itu beberapa saat lalu. Tapi Anda bisa memformat jika Anda merasa seperti melakukannya.
Root done
Kita akan mengulangi hal yang sama dengan partisi rumah - sdb7. Tidak perlu untuk menangani swap, karena sistem akan melakukannya secara otomatis. Pada dasarnya, hanya dua perubahan yang Anda butuhkan pada tahap ini, asalkan Anda sudah melakukan semua partisi dan format menggunakan GParted, adalah untuk menetapkan / dan / home mount point untuk dua partisi.
Home done
Ini adalah layout kita.
Partitions prepared

Bootloader

Di bawah partisi terdaftar, ada pilihan untuk memilih perangkat target untuk bootloader. Pertama, pastikan Anda memahami konsep sebelum berkecimpung, sehingga mungkin ada beberapa grub2 pekerjaan rumah untuk Anda. Kedua, kami memiliki beberapa pilihan di sini. Yaitu, kita memiliki dua hard disk, dan kita bisa memilih untuk menempatkan bootloader pada salah satu dari mereka. Jika Anda pergi untuk sdb, disk berisi Windows XP tidak akan disentuh, dan Linux Mint tidak akan ditampilkan dalam menu boot kecuali Anda mengubah urutan boot disk di BIOS.

Jika Anda memilih sda sebagai target, maka Linux Mint akan menimpa bootloader Windows di MBR dengan sendiri, tetapi juga akan menambahkan Windows XP ke dalam daftar, sehingga Anda akan memiliki, menu bersatu tunggal yang memungkinkan Anda untuk boot salah satu dari dua sistem operasi dalam konfigurasi dual-boot. Ini adalah pilihan yang disarankan.
Bootloader

Review & install

Harap tinjau semua pilihan. Pastikan tidak ada yang hilang. Setelah Anda siap dan percaya diri dengan pilihan Anda, termasuk bootloader, tekan Install sekarang. Instalasi akan dimulai di latar belakang dan berlangsung selama sekitar 15-20 menit. Pada saat ini, wizard akan terus berlanjut, memungkinkan Anda untuk men-setup zona waktu, nama pengguna dan password, pilihan login, dan beberapa rincian lebih lanjut. Terakhir, Anda akan memiliki slideshow yang memperkenalkan Linux Mint dan dapat membantu Anda mengenal dengan beberapa fitur-fiturnya.
Install now

Timezone & language

Jadi, pilih zona waktu Anda dan bahasa Anda.
Timezone
Language

User setup

Selanjutnya, buat pengguna Anda sendiri. Pengguna ini juga akan menjadi administrator dari kotak. Setiap kali Anda perlu untuk mengangkat hak untuk melakukan tugas administratif, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi Anda melalui mekanisme sudo. Hal ini sedikit berbeda dengan konsep user root klasik di Linux, tetapi lebih tentang itu nanti. Pilih nama pengguna, nama host Anda, memberikan password, mudah-mudahan yang kuat, dan memutuskan apakah Anda ingin login otomatis atau diminta untuk password. Anda juga dapat mengenkripsi data rumah Anda, tapi ini merupakan langkah maju. Sebaiknya Anda meninggalkan itu untuk kesempatan lain.
User setup

Slideshow

Anda akan mendapatkan beberapa slide informatif bagus.
Slide 1
Slide 2

Instalasi Selesai

Dan segera, instalasi akan selesai. Setelah anda reboot, Anda akan memiliki pilihan untuk boot ke salah satu dari dua sistem operasi, pastikan semuanya bekerja dengan benar dan bahwa data yang utuh, dan kemudian mulai tur magis heran dan eksplorasi dunia Linux.
Installation complete

Reboot

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat menu boot GRUB disebut, menampilkan kedua Linux Mint dan Windows XP, sebagai entri terakhir. Pilih salah satu untuk boot ke sistem operasi yang diinginkan.
Bootloader menu

Pertama lakukan boot: Linux Mint

Mari kita mulai dengan Linux Mint. Pertama kali Anda login, Mint akan hadir dengan layar selamat datang, yang menyediakan banyak link ke sumber daya yang bermanfaat. Hal ini seharusnya untuk membantu Anda menemukan jalan sekitar Anda. Tapi dengan asumsi Anda sudah membuat langkah kecil Anda, mari kita buka file manager dan memeriksa struktur disk.
First login
Anda dapat melihat dua partisi sesuai dengan C: dan E: drive. File sistem milik XP serta data pribadi Anda semua ada di sana, aman dan utuh. Sekarang, E: drive telah menyusut dari 20GB ke 4GB, tapi itulah semuanya.
C: drive
E drive

Windows XP boot

Jika Anda memilih entri Windows XP di menu GRUB, maka Anda juga mungkin akan melihat operasi memeriksa disk berjalan. Windows XP akan mendeteksi perubahan dalam ukuran partisi memegang E: drive dan itu akan berjalan cek disk, hanya untuk memastikan semuanya adalah dalam rangka. Memang, ini hanya memakan waktu beberapa detik.
Checkdisk
Dan akhirnya, XP kita dalam konfigurasi dual-boot. Perhatikan partisi baru dalam utilitas manajemen disk. Windows tidak dapat menggunakannya karena tidak dapat membaca filesystem EXT4, tapi itu semua ada, Windows XP bekerja seperti yang diharapkan, dan data Anda aman.
Disk management after the dual-boot setup
Selamat, Anda baru saja menguasai prosedur dual-boot dengan XP dan Mint!

Explorasi

Sekarang, itu adalah waktu yang sangat baik untuk mulai belajar lebih banyak tentang Linux, cara kerjanya dan apa yang dilakukannya. Rincian denda latihan ini melampaui lingkup artikel ini, tapi kami tidak akan meninggalkan Anda menggantung. Anda mungkin ingin berkonsultasi baru-baru ini diterbitkan panduan Ultimate untuk Linux untuk pengguna Windows, serta tapi masih sangat banyak yang relevan tua yang sangat berguna perintah Linux & konfigurasi. tutorial. Kedua artikel ini akan membantu Anda membuat langkah pertama Anda.
Akhirnya, Anda juga mungkin menarik dalam beberapa kustomisasi dan tweaking. Sekarang, Linux Mint adalah sistem operasi yang sangat kuat dan cocok untuk digunakan langsung dari kotak, sehingga Anda akan perlu sedikit lain di luar default. Namun, Anda mungkin ingin memeriksa bagaimana untuk meningkatkan Ubuntu Lanjutan

Kesimpulan

Kami harap Anda menikmati artikel ini. Sekarang, ada seluruh dunia bersembunyi di balik beberapa link dan ide-ide yang diberikan di sini. Laptop Anda mungkin bahwa berbeda dari semua contoh lain, setup Anda tentu saja akan menjadi unik, dan Anda mungkin berjuang dengan rasa lain dari Windows. Tidak peduli, menginvestasikan waktu membaca, berputar kembali ketika Anda menemukan sesuatu yang Anda tidak cukup percaya diri, dan segera, Anda akan menyadari bahwa Linux dapat dinikmati dengan kemudahan dan keanggunan.
Secara khusus, Linux Mint 17 Qiana yang bagusSecara khusus, Linux Mint 17 Qiana adalah pilihan yang cocok untuk pengguna baru dan menengah, serta bertobat segar yang ingin menjelajahi Linux. Untuk Windows XP veteran, ini merupakan kesempatan yang baik untuk menjauh dari sistem operasi kesayangan mereka dan mencoba alternatif baru, bebas dan aman. Linux Mint menawarkan banyak program yang, codec multimedia dari kotak, keamanan, dan bahkan mode akrab pekerjaan, sehingga Anda tidak akan merasa bahwa banyak dari tempat dengan petualangan baru ini. Akhirnya, tutorial ini memberikan semua bimbingan dan tips yang diperlukan bagi Anda untuk membuat setup dual-boot cerdas dan menyenangkan Anda sendiri.

From gizmo

0 nhận xét:

Đăng nhận xét

Bài đăng phổ biến